Begini Tips Merakit Gaming PC Sendiri!

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar tentang merakit gaming PC sendiri?. Terdengar mustahil, susah atau malah tidak menarik?

Sama seperti dengan hal lain, beberapa orang cenderung takut melakukan hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya, akan tetapi merakit gaming PC sendiri bukanlah suatu hal yang menakutkan apalagi sesulit yang dibayangkan.

Beberapa uraian dibawah ini akan membantu Anda dalam merakit gaming PC.

  1. Tampilan RGB atau Non RGB


    Banyak para gamer yang tidak memperhatikan bagian yang satu ini sehingga para perakit PC melupakan spesifikasi yang dibutuhkan oleh gaming PC nya. Pc dengan tampilan yang keren memang menjadi dambaan banyak pengguna, namun sebaiknya Anda lebih mengedepankan performa dibandingkan dengan tampilan luarnya saja. Untuk itu, Anda bisa lebih mengedepankan dan memberikan budget lebih pada komponen VGA Card atau prosesor supaya kinerja computer lebih mumpuni.
  2. SSD Untuk Sistem Penyimpanan

    Mengingat game saat ini mempunyai file yang sangat besar, bahkan beberapa game pada AAA kapasitasnya bisa mencapai lebih dari 30 GB maka kebutuhan akan system penyimpanan harus lebih besar.
    Apabila Anda ingin menekan budget dalam pembelian hard drive, Anda bisa saja menggunakan cara hanya dengan memilki satu game dan menghapusnya apabila sudah tamat agar kebutuhan hard derive lebih kecil.
    Meskipun begitu, Anda tidak bisa melupakan bahwa performa yang dihasilkan dari hard drive atau solid state drive. Agar akses computer Anda berjalan cepat saat game berlangsung maka and bisa memilih SSD atau setidaknya hard drive sebesar 7200 RPM yang terhubung dengan motherboard.
  3. Menghemat power supply
    Power Supply
    Power supply adalah komponen pada gaming PC yang penting karena berfungsi untuk menghidupkan computer. Power supply ini akan membantu memberikan listrik ke system pada computer yang akan Anda gunakan. Apabila pemilihan power supply kualitasnya tidak bagus maka dapat berpotensi merusak semua komponen pada PC sehingga dapat terjadi kebakaran.
    Dengan CPU maupun GPU yang akan membutuhkan daya lebih besar dari pada PC non gaming. Anda bisa menggunakan fitur dari salah satu situs seperti enterkomputer.com/simulasi.php untuk memperkirakan daya yang dibutuhkan, dimana nantinya akan digunakan pada PC rakitan Anda.
  4. Kapasitas RAM

    Game memang membutuhkan RAM yang tinggi, akan tetapi jika kelebihan memilih RAM juga akan membuat sia-sia karena hal tersebut tidak akan membuat gaming PC Anda berjalan dengan baik. Untuk itu, Anda bisa memilih RAM yang cukup untuk menjalankan game yang Anda butuhkan. Disarankan Anda memilih VRAM agar grafik pada PC Anda lebih tinggi yang akan menghasilkan performa yang lebih baik.
  5. Memilih monitor sesuai dengan spesifikasi pc

    Monitor menjadi komponen PC yang penting untuk membangun gaming yang berkualitas. Sehingga Anda harus mengetahui spesifikasi secara detail PC rakitan Anda, karena hal ini berpengaruh pada resolusi pada monitor yang nantinya menentukan performa pada PC Anda.

Baca Juga:

Jangan pernah membeli monitor dengan resolusi 1440 p atau 4K apabila VGA Card Anda belum mendukung resolusi 4K, karena hal ini akan terlihat sia-sia yang memaksa Anda untuk beralih pada VGA yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *