Tips Merancang Ruang Makan dan Dapur yang Menyatu

Tips merancang ruang makan dan dapur yang menyatu – Dalam sebuah rumah pasti memiliki banyak ruangan seperti salah satunya rumah makan dan juga dapur. Kedua ruangan tersebut tidak boleh ketinggalan untuk dimasukkan dalam list ruangan yang ada di rumah Anda. Karena keberadaan kedua ruangan tersebut sangatlah penting.

Biasanya ruangan antara dapur dan juga ruang makan dipisah. Namun bagaimana jika Anda memiliki rumah yang berukuran minimalis? Jika membuat ruangan sendiri-sendiri untuk dapur dan juga ruang makan akan memakan space pada rumah Anda dan akibatnya akan membuat rumah terasa sempit. Maka solusi yang bisa Anda gunakan adalah dengan menyatukan letak dapur dan juga ruang makan.

Jika Anda menyatukan letak ruang makan dan juga dapur agar berdekatan, berikut ini ada beberapa tips untuk merancangnya agar tidak timbul masalah yang tidak diinginkan.

  1. Menjaga Kebersihan Dapur

Dapur merupakan tempat untuk memasak sehari-hari, jadi tidak heran jika dapur akan terlihat kotor karena memang digunakan terus menerus. Namun, jika dapur Anda letaknya menyatu dengan ruang makan maka sebaiknya setelah selesai masak semua kotoran yang menempel untuk selalu dibersihkan. Agar Anda bersama dengan keluarga Anda bisa makan dengan nyaman dan tidak merasa risih melihat kotoran tersebut. Jadi, tetaplah jaga kebersihan dapur Anda.

  1. Membuat Jendela Kecil Di Dekat Dapur

Ketika memasak sangat lumrah jika bau menyengat dari masakan akan menyebar ke seluruh ruangan di rumah Anda. Apalagi jika dapur dan ruang makan terletak berdekatan atau bahkan menyatu, pasti baunya akan sangat mengganggu. Untuk itu, solusi yang bisa digunakan adalah dengan membuat sebuah jendela kecil di dekat dapur. Dengan tujuan agar bau dari masakan tersebut keluar ruangan dan tidak menyebar ke seluruh ruangan. Jadi Anda dan keluarga Anda tidak akan terganggu dengan bau masakan tersebut ketika makan.

  1. Gunakan Warna Cerah

Alasan yang membuat ruang makan dan juga dapur menyatu itu biasanya karena rumah yang memiliki luas yang sempit. Tapi, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan warna cerah pada semua perabotan atau furniture yang ada di dapur maupun ruang makan. Hal itu akan membuat ruangan tersebut terkesan lebih luas dan tidak sumpek. Solusi ini bisa digunakan bagi Anda yang memiliki rumah dengan luas yang terbatas.

Jika Anda memiliki rumah dengan luas yang terbatas atau minimalis maka Anda bisa menyatukan letak dapur dan juga ruang makan. Jika Anda menyatukan letak dapur dan ruang makan Anda  tidak perlu khawatir atau ragu. Karena Anda masih bisa mendapatkan dapur dan ruang makan yang nyaman untuk digunakan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas tersebut, maka tidak akan ada masalah yang timbul jika Anda menyatukan dapur dan juga ruang tamu. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lain yaitu tidak perlu bolak balik ketika menyiapkan makanan karena letaknya yang sudah berdekatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *