Healthy

Unik! Ini Manfaat Lain Dari Kerokan Selain Untuk Masuk Angin

Jika Anda sedang masuk angin, maka sering beberapa diantaranya memilih untuk kerokan agar dapat mengusir penyakit masuk angin tersebut. Namun tahukah Anda? jika kerokan yang biasa Anda lakukan ini memiliki manfaat lain selain mengusir masuk angin.

Kerokan adalah sebuah metode pengobatan yang berasal dari Tiongkok. Kerokan adalah melakukan gerakan secara berulang di daerah tertentu, pada umumnya punggung. Gerakan semacam ini untuk meningkatkan pembuluh darah ke permukaan. Sedangkan untuk meningkatkan proses penyembuhan, gerakan dilakukan secara berulang untuk merangsang proses aliran darah pada tubuh.

Gejala pada masuk angin misalnya:

  • kepala pusing
  • otot nyeri
  • demam ringan
  • perut kembung

Dikutip dari Healtine, inilah manfaat lain yang didapat dari kerokan selain menyembuhkan masuk angin:

  1. Migrain
    Penyakit seperti migrain pasti akan sangat menyiksa Anda untuk melakukan berbagai aktivitas. Migrain bisanya dikenal dengan sebutan pusing kepala namun hanya pada salah satu bagian kepala atau kepala sebagian. Selain dengan meminum obat, ternyata migrain pun dapat disembuhkan dengan melakukan kerokan. Lakukan pada daerah leher belakang untuk mengusir penyakit migrain.
  2. Pembengkakan payudara
    Pembengkakan payudara biasanya dialami oleh ibu menyusui. Karena payudara penuh dengan ASI yang terjadi di awal-awal minggu menyusui. Bagi ibu menyusui yang mengalami ini maka bisa melakukan kerokan pada hari kedua selepas melahirkan maka mereka bisa menyusui dengan nyaman. Walaupun kerokan ini hanya bersifat sementara.
  3. Leher kronis
    Teknik pengobatan asal Tiongkok ini ternyata lebih efektif untuk menyembuhkan leher kronis. Pernah dilakukan penelitian, dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 24 orang. Kelompok yang satu melakukan kerokan untuk leher kronis, sedangkan satu yang lainnya dengan menggunakan sebuah alat pemanas untuk mengobati leher kronis. Hasilnya, kelompok yang melakukan kerokan ternyata merasakan berkurang di daerah leher mereka. Dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan alat pemanas untuk menyembuhkam lehet kronisnya.
  4. Pramenopause
    Pramenopause adalah fase yang dialami oleh wanita mendekati menopause. Biasanya pramenopause ini memiliki gejala seperti lelah, insomnia, gelisah, haid tidak tetatur. Ternyata, kerokan dapat dilakukan untuk mengurangi beberapa gejala tadi. Anda dapat melakukan kerokan 15 menit setiap seminggu sekali.

Hasilnya, banyak diantara mereka yang diteliti melakukan kerokan, maka gejala pramenopause yang mereka awali sebelumnya akan berkurang.

Keempat point diatas adalah manfaat yang didapat dari kerokan selain hanya mengusir masuk angin. Namun,Anda tidak disarankan untuk melakukan metode pengobatan ini setiap hari. Karena jika bagi Anda melakukan pengobatan ini setiap hari atau secara sering maka akan membuat kulit punggung Anda semakin tipis. Ini tentu tidak baik juga untuk Anda. Karena pada dasarnya semua pengobatan harus dilakukan sesuai aturan dan dengan perhitungan waktu yang sudah dianjurkan.

Related posts
HealthyTips

Hidup Lebih Berwarna Tanpa Kebanyakan Media Sosial

HealthyTipsUnik

Apakah Anda Termasuk Orang yang Phone Addict?

Healthy

5 Kebiasaan Mandi yang Malah Membuat Kulit Kusam dan Kering

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Worth reading...
Saking Kayanya, Wanita ini Mandi dengan Uang Siapakah Dia?